Follow by Email

TULISAN berjalan

nailul-nailul.blogspot.com iluimuinu to &`e (Ns.Nailul Himmah)PSIK. Naey-naey oh nay. .

Senin, 20 Agustus 2012

PENDIDIKAN KESEHATAN (Kesehatan Masyarakat)


Prinsip – Prinsip Pendidikan Kesehatan
 Semua petugas kes telah mengakui bahwa pendidikan kesehatan itu penting utk menunjang program-program kesehatan lain.
 Pendidikan merupakan “Behavioral investment” jangka panjang.
 Dlm waktu yg pendek penkes hanya menghasilkan perubahan atau peningkatan pengetahuan masyarakat

Peranan Pendidikan Kesehatan
Status Kesehatan H.L Blum
 Keturunan
 Yankes
 Status Kes
 Lingkungan
 Perilaku

Faktor yg mempengaruhi prilaku :
Lawrence Green

1. Predisposing Factors
2. Enabling Factors (faktor pendukung)
3. Reinforcing Factors (faktor-faktor yg memperkuat atau mendorong)


Konsep Pendidikan Kesehatan
 Penkes à penerapan konsep pendidikan dalam bidang kesehatan
 Konsep dasar pendidikan adl suatu proses belajar yg berarti didalam pendidikan itu terjadi proses pertumbuhan,perkembangan, atau perubahan kearah yg lebih dewasa,lebih baik dan lebih matang pd diri individu, kelompok atau masyarakat

Ciri – ciri belajar
 Belajar adl kegiatan yg menghasilkan perubahan pd diri individu,kelompok, atau masyarakat yg sedang belajar, baik actual maupun potensial.
 Hasil belajar adl bahwa perubahan tersebut didapatkan karena kemampuan baru yg berlaku utk waktu yg relatif lama.
 Perubahan itu terjadi karena usaha dan disadari, bukan karena kebetulan


PROSES BELAJAR
1. INPUT (Subjek Belajar)
2. PROSES BELAJAR
3. OUTPUT (Hasil Belajar)

Faktor-Faktor yg mempengaruhi Proses Belajar
 Faktor materi (bahan belajar)
 Lingkungan
 Instrumental (hardware & software)
 Subjek belajar (dlm penkes subjek berupa individu, kelompok, atau masyarakat)


Ruang Lingkup Penkes
Ruang lingkup pendidikan kesehatan dapat dilihat dari beberapa dimensi al :
 Dimensi sasaran pendidikan kesehatan
 Dimensi tempat pelaksanaan atau aplikasinya
 Dimensi tingkat pelayanan kesehatan


Dimensi sasaran penkes
 Penkes individual, dgn sasaran individu
 Penkes Kelompok, dengan sasaran kelompok
 Penkes masyarakat, dgn sasaran masyarakat luas

Dimensi tempat pelaksanaannya
 Penkes disekolah, dilakukan disekolah dgn sasaran murid
 Penkes dirumah sakit, dilakukan di RS dgn sasaran pasien atau keluarga pasien
 Penkes ditempat2 kerja dgn sasaran buruh atau karyawan yg bersangkutan

Dimensi tingkat pelayanan kesehatan
 Promosi Kesehatan (Health Promotionn)
 Perlindungan khusus (Specifik Protections)
 Diagnosis dini dan Pengobatan segera (Early Diagnosis and Prompt Treatment)
 Pembatasan cacat (Disability Limitation)
 Rehabilitasi (Rehabilitation)

Sub Bidang Keilmuan Penkes
 Komunikasi
 Dinamika kelompok
 Pengembangan dan Perorganisasian Masyarakat (PPM)
 Pengembangan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD)
 Pemasaran Sosial (Sosial Marketing)
 Pengembangan organisasi
 Pendidikan dan pelatihan
 Pengembangan Media (Tehnologi Pendidikan Kesehatan)
 Perencanaan dan Evaluasi Pendidikan kesehatan
 Antropologi manusia
 Sosiologi Kesehatan
 Psikologi sosial