Follow by Email

TULISAN berjalan

nailul-nailul.blogspot.com iluimuinu to &`e (Ns.Nailul Himmah)PSIK. Naey-naey oh nay. .

Senin, 20 Agustus 2012

METODE PENDIDIKAN KESEHATAN DI MASYARAKAT

Penkes pada hakikatnya adalah suatu kegiatan atau usaha untuk menyampaikan pesan kesehatan kepada masyarakat, kelompok, atau individu

Faktor-faktor yg mempengaruhi proses penkes
• Input (masukan)
• Metode materi atau pesannya
• Pendidik atau petugas yg melakukannya
• Alat bantu atau alat peraga

Metode Pendidikan Metode pendidikan
• individual (Perorangan)
• Metode Pendidikan Kelompok
• Metode Pendidikan massa (public)

Metode pendidikan individual (Perorangan)
• Bimbingan dan penyuluhan (guidance and counseling)
• Interview (wawancara)

Metode Pendidikan Kelompok
1. Kelompok besar
• Ceramah
• Seminar

2. Kelompok kecil
• Diskusi kelompok
• Curah pendapat (brain Storming)
• Bola salju (Snow Balling)
• Kelompok kecil-kecil (Bruzz Group)
• Role Play (Memainkan peran)
• Permainan simulasi (Simulation Game)

Metode Pendidikan massa (public)
• Ceramah umun
• Pidato-pidato, diskusi tentang kesehatan melalui media elektronik (TV atau Radio)
• Simulasi, dialog antara pasien dgn dokter atau petugas kesehatan melalui media elektronik

Metode Pendidikan massa (public)
• Sinema elektronik dalam acara TV
• Tulisan-tulisan di majalah koran, dalam bentuk artikel dan rubrik konsultasi
• Bill Board, dipasang dipinggir jalan, spanduk, poster, contoh : “ Ayo ke Posyandu “ , “ Dua anak cukup”

Alat bantu dan Media Penkes
• Alat bantu (Peraga) adl alat-alat yg digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan bahan pendidikan atau pengajaran

Manfaat alat bantu pendidikan
• Menimbulkan minat sasaran pendidikan
• Mencapai sasaran lebih banyak
• Membantu mengatasi hambatan bahasa
• Merangsang sasaran pendidikan utk melaksanakan pesan-pesan kesehatan
• Membantu sasaran pendidikan utk belajar lebih banyak dan cepat

Manfaat alat bantu pendidikan
• Merangsang sasaran pendidikan utk meneruskan pesan-pesan yg diterima kepada orang lain
• Mempermudah penyampaian bahan pendidikan/informasi oleh para pendidik/pelaku pendidikan
• Mempermudah penerimaan informasi oleh sasaran pendidikan
• Mendorong keinginan org utk mengetahui, mendalami dan akhirnya memberikan pengertian yg lebih baik
• Membantu menegakkan pengertian yang diperoleh.